Perintah – Perintah Pada DOS

What Up’s Every body, lama udah ane gak update. Di postingan ane kali ne ane mw sharing tentang PERINTAH – PERINTAH PADA DOS. Bagi yang ingin membaca postingan ini silahkan agan -agan download filenya dulu. Tapi ane berikan sedikit penjelasan tentang DOS dulu ne.

DOS merupakan suatu sistem operasi yang menggunakan Interface Command Line yang digunakan para pengguna computer pada era tahun 1980-an untuk fasilitas booting computer dan menjalankan beberapa aplikasi software,seperti WS dan Lotus. Di sini saya berikan cara untuk mengetahui perintah-perintah apa saja yang berlaku di Command Prompt, cukup ketikkan HELP kemudian tekan Enter. Untuk mengetahui daftar parameter spesifik untuk perintah tertentu, ketikkan spasi diikuti tanda /? di belakang perintah utama.Dalam penulisannya DOS memiliki beberapa aturan, diantaranya adalah :


• Nama file maksimal terdiri dari 8 karakter
• Nama ekstensi paling banyak terdiri dari 3 karakter
• Nama file dan nama ekstensi dipisahkan oleh titik
• Huruf kecil dan besar dianggap sama(non-case sensitive)

Dalam pengoperasian DOS terdapat Command-command/perintah yang dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu :

1. Internal Command (Perintah internal)

Adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus,karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com

2. External Command (Perintah external)

Adalah perintah-perintah yang memerlukan suatu file untuk memproses perintah tersebut. Untuk mempermudah mempelajari fasilitas DOS maka tiap perintah sudah terdapat file Help Untuk menjalankannya bisa digunakan perintah – perintah.

Sekian Postingan ane kali ini, Terima Kasih telah mengunjungi blog ane dan terima kasih telah membaca postingan ane yang mudah -mudahan bisa bermanfaat.

Sumber : Dari berbagai Sumber

Leave a Reply

