Install Windows 7 Via USB

Aloha all my readers….. ane harap sehat walafiat smua ya…  dah lama ane tak update ya. hehe… Pada kesempatan kali ini ane ingin berbagi pengalaman yang saya alami. Gapapa kan crita dikit. Hehehe…

Pengalaman ane gini critanya, wktu tu kan ane mncoba mnjadi ceker, eh cracker. J pas ane nginstall 1 software tiba” lappi ane BSOD and ngehang. Wah, bngung bnget dah ane apalagi DVD-Room lappi ane rusak. Dah lah ane cri cra bgaimana cra install Windows 7 tanpa melalui DVD-Room. Ane oprek” data di lappi ane, eh dpat cra install Wins 7 via USB. Ya udah ane coba dan ternyata berhasil. Nah skrang ane ingin berbagi pengetahuan, namun bagi yang udah tw biasa mnggunakan cra ini mhon dimaklumi ane msih newbie.

Pada post kali ini, saya ingin memberikan sedikit cara membuat USB flash disk Anda supaya bootable untuk menginstal sistem operasi Windows 7. Sebenarnya ada beberapa teknik untuk menginstall Windows 7 tanpa DVD-Room, yaitu salah satunya menggunakan DVD-Room External, tapi masalahnya harus beli bagi yang blum pnya. Yahh… yang lainnya ya menggunakan USB atau via USB Flash disk.

Ehh… Sebelum saya mulai ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  • Anda membutuhkan minimal flashdisk berkapasitas 4GB klo lebih ga masalah (sebab Windows 7 sendiri berukuran skitar 3GB)
  • Saya asumsikan Sistem Operasi yang anda gunakan sekarang adalah Vista atau Windows 7 sendiri (sebenarnya XP juga bisa, tetapi ada beberapa langkah yang berbeda). Pada post ini ane menggunakan Windows 7.

Mari kita mulai langkah”nya….

1. Yang Anda perlu lakukan pertama kali tentunya adalah colok Flashdisk ke USB port Anda. (gak penting banget… siapapun juga tau hehe…)

2. Berikutnya buka command prompt Anda dengan cara Start – All Programs – Accesories – Command Prompt. Klik kanan, lalu pilih “Run As Administrator“. Ingat harus “Run As Administrator”, kalau klik biasa saja, ada beberapa perintah tidak bisa berjalan dengan lancar.

3. Ketik peritah diskpart, maka prompt kita akan berubah menjadi DISKPART>

4. Selanjutnya ketik list disk untuk menampilkan disk yang tersedia pada komputer kita saat ini.

Gambar di atas menunjukkan bahwa Disk 0 adalah harddisk ane yang berkapasitas 298 GB, sedangkan Disk 1 adalah flashdisk saya yang berkapasitas skitar 4 GB.

5. Tapi sebelumnya lakukan format terlebih dahulu pada flashdisk kita. Jgn lupa backup data2 Anda bila ada yang ingin diselamatkan sebelum hilang. Ketik peritah – perintah berikut.

  • select disk 1   = 1 adalah disk yang ingin diformat, silahkan sesuaikan dengan keperluan Anda

  • clean

  • create partition primary

  • select partition 1

  • active

  • format fs=NTFS (Tunggu hingga selesai formatnya)

  • assign

  • exit (Exit dari diskpartnya bukan dari CMD nya, Ok…)

6. Setelah berhasil di format, selanjutnya kita akan membuat flashdisk kita menjadi bootable dengan bantuan utilitas bootsect yang terdapat pada Windows 7.

Masih pada command prompt yang sama, mari kita lanjutkan…

Masukkan DVD Windows 7 pada DVD Drive komputer kita atau melalui bantuan software seperti Daemon, Power ISO, Ultra ISO atau lainnya (Mount Image File windows 7 ke software tersebut), lalu ubahlah ke direktori dimana DVD tersebut berada, dengan perintah:

f:

cd f:\boot

[dengan asumsi drive DVD-Room saya adalah F:]

7. Gunakan bootsect untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah:

bootsect /nt60 h:

[saya asumsi flashdisk saya berada pada drive letter h:]

Sekarang Anda dapat menutup windows command prompt Anda.

8. Copy-lah semua file instalasi yang ada di DVD drive Anda ke flashdisk Anda Bila telah dicopy, sekarang flashdisk Anda telah bisa bootable!

Silahkan di coba.. 100% Berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan ditanya, mudah”an bisa ane jawab ya….

Sekian kali ini info dari ane. Sampai bertemu lagi di postingan ane yang terbaru…

Sumber : dari dalam Lappi ane gan, ga tw dari mana asalnya… wkwkwkw.

4 Responses to Install Windows 7 Via USB

  1. Pingback: Install Windows XP via USB « Blog Kita Bersama

  2. dianluffi says:

    gan thank’s tutornya keren berhasil ,,mkasih bantuannya😀 heheh

Leave a Reply

