Install Windows XP via USB

Aloha….. apa kbar smua?? Ane hrap smuanya baik” saja ya.. Baru pada post yang lalu ane update tentang Intall Windows 7 via USB skarang ane akan berbagi lagi ne pengetahuan ane.. Kli ini juga menyangkut msalah insatallasi windows via USB, tapi kali ini ane akan berbagi cara menginstall Windows XP Via USB. Pengetahuan ini ane dapat pas klas 1 SMK, kbetulan jrusan ane Informatika.. Jadi ane ingin share pengetahuan yang ane pnya sama pembaca” skalian.

Seperti pada postingan ane yang lalu, untuk bisa menginstall Windows via USB maka kita harus membuat USB Flashdisk kita menjadi Bootable agar dapat kita menginstall Windows Via USB. Tapi untuk yang kali ini kita akan menggunakan software pendukung yaitu USB Multi Boot 10. Softwarenya bisa di download DISINI. Kalo sudah di download, kita akan mulai…

Eits.. Ada yang harus di persiapkan nih. Monggo Disiapkan dolo..

  1. CD Instalasi Sistem Operasi XP
  2. CD-ROM ( bisa juga menggunakan aplikasi DAEMON, Power ISO, Ultra ISO, DLL )
  3. Flashdisk ( min 1 Gb atau sebaiknya jangan lebih dari 2 Gb )
  4. Aplikasi pendukung, yaitu USB Multi Boot 10

Inilah langkah” nya :

Masukkanlah CD Installer Windows XP sebagai source, jika pada laptop / komputer tidak terdapat CD-ROM, maka bisa menggunakan aplikasi DAEMON, Power ISO, Ultra ISO, DLL untuk membuka ISO Installer Windows XP.

Masukkanlah juga flashdisk yang akan digunakan untuk boootable flashdisk.

Buka aplikasi USB Multi Boot 10 ( Windows NT Command Script ) yang sudah agan – agan download.

Maka akan muncul tampilan seperti yang ada di bawah ini. Klik aja tombol apapun untuk melanjutkan  proses bootable flashdisk

Lalu akan muncul tampilan seperti yang ada dibawah ini, dan tulislah pilihan huruf H pada tampilan tersebut kemudian tekan enter. Di sini kita akan memformat flashdisk kita, jadi seperti biasa backup data – data yang penting ya,..

Maka akan keluar tampilan seperti yang ada di bawah ini yang berisi bahwa kita akan memformat flashdisk yang kita gunakan, kemudian klik start untuk memulai format. Dan tunggulah hingga proses format selesai.

Setelah kita format flashdisk yang kita gunakan maka akan muncul tampilan seperti yang ada di bawah ini.

Ikutilah langkah-langkah yang terdapat pada command tersebut, yang pertama kita cari source windows XP setup dengan menekan/memilih angka 1, lalu akan muncul tampilan browse for folder dan pilih windows XP setup, Kemudian klik OK.

Kemudian akan keluar gambar seperti ini, Klik Cancel. (Cancel = No Changes). Ini default datanya.

atau klik “no” dengan tujuan agar instalasi windows xp nanti akan berjalan tanpa harus memasukkan lagi Serial number, settingan tanggal, waktu, user name, password dan sebagainya. Tiba – tiba instalasi sudah sampai pada layar welcome screen. Langkah selanjutnya setelah memilih No, akan tampil beberpa jendela pop up yang harus di isi. Isi nama pada jendela Give Owner Full Name, Isi nama organisasi, Isi Serial Number Windows XP dan jangan sampai keliru, Isi nama Komputer, Isi Administrator Password atau di kosongkan, Isi format waktu misalnya untuk asia isi dengan angka 205, Isi Workgroup atau biarkan saja, terakhir klik oke.

Setelah itu tekan angka 2 untuk selanjutnya. Langkah nomor 2 mewajibkan kita untuk menetapkan USB-Drive Target. Klik Woke eh OK

Setelah itu, kita lanjutkan ke langkah selanjutnya, tekan angka 3, yang berfungsi untuk mengcopy source setup XP ke USB Flashdisk. Lalu proses pengkopian di mulai. Seperti biasa tunggu hingga selesai.

Apabila keluar command seperti ini klik “Yes

Kemudian apabila muncul command ini klik “Yes”

Tunggu hingga proses pengopian selesai. Setelah proses pengopian selesai, “bravo” berarti kita telah berhasil membuat flashdisk bootable. Selamat anda Berhasil. hehehe..

Eits blum selesai. Installasinya tw kagak?? Agak beda sikit.. Ane jga ksh tw neh cra proses installasinya….

Proses Installasi

Sebelumnya di remove dolo flashdisknya nnti msuk virus pula dari kompi agan. Kan kompi agan – agan sekalian terkenal tempat berkembangbiaknya virus. Hehehe… Kompi ato Lappie di matiin dulu ato di restart, itu sih terserah agan. Setelah Mati, baru tancepin flash Disknya. Selanjutnya, hidupkan kompinya, tekan tombol Del atau esc (tergantung tipe/BIOS Komputer, laptop, Kompi nya) untuk masuk ke menu Bios. Cari settingan untuk menentukan pilihan booting. Set USB FlashDisk untuk booting pertama. “Save and exit”. Kompi akan restart, kemudian akan tampil menu seperti gambar dibawah.

Silahkan pilih TXT Mode, lalu tekan enter. Masuk ke menu instalasi Windows XP seperti biasa. Setelah Proses formatting dan copy file ke harddisk, kompi akan restart. Biarkan saja proses booting berjalan pada Menu GUI Mode no 2, jangan pilih mode TXT lagi. Sampai di sini proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya. Bila proses instalasi telah selesai, silahkan restart dan kembalikan settingan pada BIOS, Set Hard Disk untuk booting pertama. Selesai dah. Selanjutnya terserah, mau di apain tu kompi agan..

Gimana??? Cukup mudah kan… Silahkan dicoba ya, lumayan nambah” ilmu dan pengalaman. Sekian kali ini pengetahuan dari ane, Terus Kunjungi blog ane ya…

Sumber : Dari Guru – guru SMK 1 Batam dan beberapa dari data” di lappie ane.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s