Install Ubuntu via Universal USB Installer 1.9.1.2

Aloha my reader yang budiman…..
apa kabar nih para pembaca semuanya.?? Baik-baik aja kan pastinya. Amin.
wahhh.. ternyata sudah lama ya saya tidak buat postingan baru agan-agan.😀 hehee.
Baiklah agan-agan kali ini waktunya saya akan menshare pengalaman saya dalam penginstallan Sistem Operasi Ubuntu dan menggunakan media flashdisk lagi tentunya…
maklum gan cd-room laptop kesayangan saya sudah tidak bisa digunakan lagi nih, jadinya semuanya serba menggunakan flashdisk kesayangan saya ini.
Sedikit nih tentang LINUX. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistem operasi komputer Linux adalah bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja atau biasa dikenal dengan sebutan open source, dan satu lagi kelebihan Sistem Operasi Linux ini adalah karena gratis cuy..😀 hehee.

Oke gan, pada postingan kali ini saya menggunakan sebuah software bantuan yaitu Universal USB Installer, agan dapat mendownloadnya disini atau dibagian paling bawah postingan ini. Universal-USB-Installer-1.9.1.2  merupakan suatu software yang berfungsi sebagai alat yang dapat kita gunakan untuk membuat Installer/boot dari flasdisk. Baik itu dari Operating System Linux/Windows dan kali ini saya ingin membahas cara membuatnya.
Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Download dulu Universal USB Installernya yaaa.

2. Buka program tersebut pastinya.😀 hehee

3. Klik “I Agree” pada tampilan yang keluar seperti di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

4. Maka akan keluar tampilan seperti berikut, langkah pertama yang kita lakukan adalah memilih jenis distribusi Linux yang kita gunakan. Kali ini saya menggunakan Ubuntu 12.04 Dekstop.

5. Kemudian saatnya kita memilih ISO dari ubuntu yang kita gunakan tersebut dengan mengklik browse. Disini masalah yang saya alami adalah ketika saya browse ke folder tempat saya menyimpan file ISO ubuntu tersebut tidak terlihat, namun saya punya caranya untuk mengatasinya, yaitu dengan cara mengkopi nama file ISO tersebut kemudian paste di kotak “file name” seperti gambar disamping, kemudian pilih yang keluar dibawahnya, dan selanjutnya klik Open.

 

 

 

 

 

 

 

hasilnya..

 

 

 

 

 

 

 

6. Kemudian pilih drive letter dari flasdisk kita. disini drive letter flashdisk saya adalah G:\

 

 

 

 

 

 

 

7. Kemudian klik create dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Proses bootable flashdisk ini menggunakan program Universal USB Installer.

Universal USB Installer Download

jika ingin menggunakan program yang lainnya seperti LinuxLive USB Creator 2.8.16 silahkan download di bawah ini.

LinuxLive USB Creator 2.8.16

Pass : belrdh.wordpress.com

Sekian kiranya yang bisa saya share pada agan-aganwati sekalian. Terima kasih sudah mengunjungi blog saya dan tetap nantikan update terbaru dari saya.

Leave a Reply

